Selasa, 20 Mei 2008

wrt54gl v1.1 upgrade dd-wrt


Wrt54gl v1.1 merupakan keluaran dari linksys.
untuk settingan default nya ada beberapa yang belum ada yaitu daya pancar dari wirelessnya tidak adjustable atau pun snmp .

Disini saya coba menjelaskan tahapan -tahapan mengubah firmware default wrt54gl v1.1 menjadi ddwrt.

Download dd-wrtnya di http://www.dd-wrt.com. pilih http://www.dd-wrt.com/dd-wrtv3/dd-wrt/downloads.html, waktu pembuatannya saya memilih versi 23. stable, lalu download yang versi mini nya dan download yang versi vpn nya.Lalu di extrak file winzipnya sehingga mengasilkan file yang ber extension bin.

Sediakan terlebih dahulu linksys wrt54gl nya dan jangan lupa ketika menyediakan sertakan power supply 12v nya sekaligus kabel utp biru bawaan linksys jika baru dibeli jika hilangan dapat mengunakan kabel utp biasa dengan cripingan stright (lurus)

Colokkan kabel power yang ke listrik untuk input nya dan outputnya di colokkan ke input power linksys wrt54gl. Jika berhasil maka lampu indikator power pada linksys akan berkedip hijau.

Setelah nyala, jangan lupa ambil komputer yang memiliki port rj 45 dan nyalakan juga, setelah semua nyala ambil kabel rj 45 colokkan ke salah satu dari 4 port yang berdekatan pada bagian belakang wrt54gl, setelah di colokkan yang ujung satunya di colokkan ke komputer yang sudah kita sediakan.

Set ip komputer 192.168.1.2, set facktory default linksys (ada di deket power dc).lalu di komputer clik start --> command prompt. ketikkan ping 192.168.1.1 jika sudah replay berarti proses bisa kita lanjutkan jika belum reset lagi linksys wrt54gl nya dan pastikan ip di komputer 192.168.1.1 dan pastikan juga kabel sudah terpasang dengan benar dan baik.

Buka internet explorer (karena beberapa kasus dengan modzila firefox bermasalah) lalu ketikan http://192.168.1.1 tekan enter. masukkan username admin dan password admin

Lalu masuk ke menu administration lau pilih upgrade firmware,lalu browse ke file dd-wrt yang sudah kita download sebelunya pilih mini.generic.bin lalu upgrade, selama proses jangan sentuh power dan usahakan listrik tidak mati.

Setelah proses tersebut selesai masuk lagi ke http://192.168.1.1 enter dengan user name root dan pasword admin. lalu enter, pilih menu administration dan pilih upgrade lalu browse pilih file yang sudah kita download tadi pilih file vpn.generic.bin lalu upgrade. selama proses terseut listrik atau power dilarang mati.

nah dengan selesainya proses tersebut makan sekarang wrt54gl anda telah menjadi dd-wrt vpn. nah dalam memilih ada kelebihan dan kelemahan dari masing2 firm ware antara standart,voip dan vpn untuk lebih detailnya disini saya lampirkan.

3 komentar:

DeepDrown Down mengatakan...

Kelihatannya tim anda cukup sophisticated dalam mengelola pengetahuan teknis jaringan radio dan data komputasi ya? Apakah anda mampu mengelola pengetahuan tersebut dikemas menjadi produk pendidikan utuk orang awam ?

Gw kebetulan salah satu pengurus koperasi yang punya rencana menyelenggarakan Program pendidikan kewira-usahaan. Salah satunya adalah RENCANA pemasaran kurikulum USAHA WARNET & GAME ONLINE. Beberapa survey kecil yang gw lakukan memang menghasilkan minat yang luar biasa.

Oleh karena itu koperasi gw sedang mencari para praktisi maupun peneliti yang bersedia berpartisipasi dalam MENGAJAR dan MEMBUAT KURIKULUM WORKSHOP 1 MINGGUAN dalam bidang:

1. Persiapan/ Implementasi teknis/ Bisnis jasa WARNET dan GAME ONLINE.

2. Persiapan/ Implementasi Teknis/ Bisnis RT/RW Net

3. Kerja sama penjualan paket jasa konsultasi teknis WARNET & GAME Online via Open Source Software.

Jika kalian memang berkenan mohon email kompetensi dan model pengajaran anda ke deepdrown@gmail.com, dan beritahu melalui SMS ke 081807897100

Insya Allah gw akan coba melakukan diskusi dan pendekatan model bisnis terbaik antara koperasi dan TANKUS.

Anonim mengatakan...

Siap pak , kami siap ...

Maaf pak boleh tau koperasinya apa ya pak dan di mana?

salam sukses

DeepDrown Down mengatakan...

Koperasi itu namanya algarindo, kantor operasionalnya di gd internet plaza pos di daerah Pasar baru... Kami sedang mengelola bangunan dan internet cafe di lantai dasar. Karena kapasitas ruangan yang masih cukup besar, makanya ada ide untuk melaksanakan sesi training workshop pengelolaan warnet & game online beserta billingnya.

Jika anda sudah punya metode pengajaran dan kurikulum yang mudah dipahami peserta awam untuk mencoba bisnis ini sendiri di rumah mereka, mungkin dapat segera menghubungi saya...

Potensi nya cukup baik, karena enggak itu orang muda atau tua sangat berhasrat ingin tahu dan mengikuti model kursus kewirausahaan di bidang internet ini... ditunggu ya!